Tips Anak Susah Makan Tanpa Suplemen

anak susah makan

Source: Care2

Beberapa tips anak susah makan menyarankan agar si kecil diberi suplemen. Ini merupakan suplemen untuk penambah nafsu makan. Benarkah cara ini?

Tentu saja kemungkinan benar. Hanya saja, ibu harus ketahui terlebih dahulu apakah anak ibu susah makan karena memang nafsu makannya hilang atau ada penyebab yang lain. Ini yang harus ibu cari tahu terlebih dahulu.

Ada anak yang pilih-pilih makan. Ini juga sering disebut oleh orang tua sebagai anak susah makan. Padahal, cara mengatasi anak yang sering pilih-pilih makanan itu agak sedikit berbeda. Bisa saja anak tersebut secara biologis memang terdorong untuk hanya mengkonsumsi makanan tertentu saja.

Yang pasti, ibu harus cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab anak susah makan. Ibu tidak boleh asal memberikan suplemen penambah nafsu makan saja.

Beberapa Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Apa saja yang menyebabkan anak susah makan? Mungkin berikut ini salah satu penyebab anak ibu susah makan.

  1. Masalah Kesehatan Pada Mulut Anak

Sama halnya seperti orang dewasa, anak pun kehilangan nafsu makan jika ada maalah pada mulut mereka, misalnya sariawan, sakit gigi karena sedang tumbuh gigi, dan lain sebagainya. Ketika anak ibu berusia 1 tahun, ada kemungkinan ini faktor penyebab anak ibu susah makan. Pasalnya, balita usia 1 tahun biasanya sedang tumbuh gigi. Tidak semua gigi tumbuh dengan baik. Kebanyakan saat tumbuh gigi, gusi menjadi perih dan bengkak. Inilah yang menyebabkan anak tidak mau makan.

2. Bosan

Ibu merasa anak tidak doyan lagi mengkonsumsi makanan yang selama ini ibu biasa siapkan? Jika ya, kemungkinan besar anak ibu bosan dengan menu makanan tersebut. Balita tidak seperti bayi. Saat bayi, si kecil cenderung menerima apapun menu makanan yang ibu siapkan. Lain hal jika anak ibu sudah beranjak balita. Ia sudah bisa merasakan mana makanan yang enak dan tidak, mana makanan yang ia sukai dan mana yang tidak, dan juga bisa memilih mana makanan yang enak dan mana makanan yang membosankan.

Jika anak bosan, sebaiknya ibu browsing dan cari menu makanan baru untuk sang buah hati. Pasti ibu akan menemukan banyak sekali ide masalah sebagai tips mengatasi anak susah makan.

3. Kekenyangan

Bagaimana anak bisa kekenyangan jika belum makan? Bisa saja lho bu. Lihat saja apakah ibu membiarkan anak ibu mengkonsumsi cemilan? Berapa kali ibu memberikan susu untuk sang buah hati? Cemilan memang tidak membuat anak kenyang tapi merasa kenyang. Dan yang sangat dikhawatirkan adalah jika ternyata cemilan lebih lezat dari menu makanan yang ibu siapkan. Ini juga menjadi penyebab anak susah makan lho.

Kebanyakan cemilan terasa lebih enak karena ada bumbu masak yang sebenarnya kurang bagus untuk kesehatan. Apalagi jika ibu memilihkan cemilan yang asin dan mengandung karbohidrat tinggi seperti cemilan yang terbuat dari kentang dan ketela. Tentu saja anak ibu akan kehilangan nafsu makan.

Begitu juga dengan susu. Terlalu banyak memberikan susu akan membuat anak merasa kenyang. Akibatnya anak ibu tidak mau makan. Saran dari dokter anak, sebaiknya susu diberikan 20-25 menit setelah makan nasi. Dengan cara ini, maka ibu tidak perlu menghadapi masalah anak yang susah makan lagi.

4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Atau Minuman Yang Manis

Salah satu penyebab anak susah makan adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Memangnya apa hubungannya? Menurut ilmu kesehatan, makanan yang rasanya terlalu manis mengandung kalori yang tinggi. Inilah yang membuat akhirnya anak ibu susah makan. Saran yang harus ibu lakukan adalah mencegah anak terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Akan lebih baik juga jika ibu tidak memberikan cemilan atau minuman yang manis sebelum jadwal makan ya. Terutama, jangan berikan coklat.

5. Kondisi Badan Yang Kurang Fit

Jika anak ibu berusia di bawah 2 tahun, anak ibu belum bisa merasakan apakah ia sedang kurang enak badan atau tidak. Ibu yang harus lebih memperhatikan. Jika anak ibu terlihat lemas apalagi badannya panas, ini bisa jadi penyebab anak ibu susah makan.

Yang pasti, jangan terapkan tips mengatasi anak yang susah makan tanpa mengetahui apa faktor penyebabnya.

Mengatasi Masalah Anak Susah Makan Dengan Terapi

Boleh saja ibu memberikan suplemen penambah nafsu makan. Akan tetapi, akan lebih baik jika ibu mencoba cara non-medis dan non obat kimia, yaitu dengan cara terapi.

Ini bukan terapi yang dilakukan oleh para ahli. Ini terapi yang ibu lakukan sendiri. Dengan terapi bermain, masalah anak yang susah makan bisa saja teratasi. Hentikan mengancam dan memarahi anak jika ia tidak mau makan. Ibu perlu mengajak anak bermain permainan yang ia suka. Lalu, ibu bisa menyuapi makanan.

Membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi. Awalnya ibu mungkin hanya akan berhasil menyuapi beberapa kali saja. Selain itu, ibu juga harus mengikuti apapun permainan yang dilakukan si kecil, termasuk permainan petak umpet, mainan sepeda, lari-larian, dan lain seterusnya.

Untuk sementara waktu ketika anak ibu masih susah makan, sebaiknya ibu mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil dengan cara memberikan susu balita yang terbaik. Susu Lactogrow 3 merupakan susu pertumbuhan yang bagus untuk tumbuh kembang balita usia 1-3 tahun. Namun, ingat ya bu. Susu bukan sumber nutrisi utama balita. Tetap makanan menjadi sumber utamanya. Jadi, untuk sementara waktu, ibu bisa berikan susu yang lebih banyak ketika anak susah makan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *