Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang

Memiliki gigi yang sehat dan bersih merupakan idaman setiap orang kan? Tentunya hal tersebut dapat diraih apabila seseorang dapat merawat giginya dengan baik serta melakukan pencegahan yang tepat agar tidak terjadi di giginya.

Berbagai masalah pada gigi memang dapat dialami oleh siapapun tanpa mengenai usia baik muda maupun tua, hal tersebut sebenarnya berasal dari kebiasaan seseorang setiap harinya. Jika kebiasaan baik, maka tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan giginya, begitupun sebaliknya.

Masalah yang timbul di gigi seperti gigi kuning, plak gigi hingga gigi berlubang. Namun yang paling menjengkelkan dan membuat risih adalah gigi berlubang. Gigi berlubang sendiri merupakan masalah yang timbul di gigi dengan munculnya lubang kecil atau besar pada area gigi tertentu akibat gigi tersebut kekurangan kalsium atau terlalu banyak asam di dalamnya.

Nah, tentu bagi yang mengalaminya akan sangat malu bila berhadapan dengan orang lain. Ketika berbicara atau berinteraksi, tentu akan sangat tidak mau bila masalah gigi berlubangnya tersebut diketahui oleh orang lain. Kamu juga tidak mau kan ada yang bilang kepada kamu seperti, “gigimu kok berlubang?”, “ada apa tuh di gigi kamu?”, atau yang lain.

Tentu agar tidak terjadi, kamu harus melakukan pencegahan yang tepat. Jadi, berikut merupakan cara mencegah gigi berlubang yang dapat kamu lakukan, serta untuk hasil yang maksimal kamu haruslah menjadikan tips berikut sebagai gaya hidup barumu ya.

  1. Jaga Makanan

Makanan menjadi pemicu utama masalah gigi berlubang ini. Ada 2 masalah yang sering terjadi akibat makanan. Pertama, makanan yang tidak segera dibersihkan akan menjadi plak gigi dan inilah yang selanjutnya menimbulkan gigi berlubang dan bau mulut. Sisa-sisa makanan sehabis makan tentunya akan menempel di gigi bila tak segera dibersihkan, jika dibiarkan berhari-hari tentu akan menimbulkan plak. Plak sendiri merupakan suatu masalah gigi yang menimbulkan warna kuning kecoklatan pada area gigi.

Kedua, gigi dapat timbul lubang apabila seseorang terlalu banyak makan sesuatu yang mengandung gula dan asam. Menurut ahli gigi, kandungan ini memang dapat cepat merusak gigi.

Jadi, agar kamu terhindar dari masalah gigi berlubang ini, cobalah untuk selalu membersihkan gigi kamu setiap sehabis makan dan jangan biarkan ada plak di gigi kamu. Serta, kurangi makan makanan yang mengandung gula dan asam, kamu boleh memakannya namun harus dalam kadar yang tepat ya.

  1. Gosok Gigi dan Berkumur

Gosok gigi akan sangat ampuh untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi kamu, serta kuman dan bakteri pun akan dibasmi. Dengan menggosok gigi secara rutin dua kali sehari, kamu akan dapati gigi kamu yang jadi lebih sehat, bersih, putih dan bebas dari berbagai masalah.

Rajin-rajinlah kamu menggosok gigi ya. Dan, jangan lupa juga untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan terbaik seperti antiseptic, antibacteri dan lain sebagainya, serta sikat gigi yang memiliki kontur terbaik sehingga dapat menjangkau seluruh area gigimu.

Juga, jangan lupa untuk selalu berkumur setiap dua kali sehari pagi hari dan sore hari. Setiap kamu berkumur, kamu akan bersihkan seluruh area mulutmu itu dari kuman, bakteri dan sisa-sisa makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Gunakanlah obat kumur gigi yang memiliki kandungan terbaik serta sudah dipercaya oleh jutaan otang di seluruh dunia untuk urusan gigi dan mulut ya.

Nah, dengan melakukan 3 cara utama diatas, tentu selain kamu dapat mencegah gigi berlubang, kamu juga akan mencegah masalah-masalah lain pada gigi kamu, seperti plak, gigi kuning atau yang lain. Gigi merupakan aset penting, jadi jagalah dengan baik ya.

Deskripsi:

Memiliki gigi yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang, tentu upaya cara mencegah gigi berlubang haruslah dilakukan dengan rutin dan benar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *