Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Perokok Aktif

 

Bagi orang – orang yang aktif merokok, cara menjaga kesehatan gigi yang benar patut diperhatikan. Pasalnya, merokok dapat mengganggu kesehatan gigi. Namun, bagaimana caranya agar kesehatan gigi bisa tetap dijaga walaupun aktif merokok. 

Hal yang paling umum terjadi pada gigi perokok aktif adalah warna gigi yang berubah menjadi menguning. Selain itu, masalah pada gusi pun bisa sering terjadi. Hal ini bisa terjadi karena penumpukkan plak pada gigi dan gusi yang didapatkan dari rokok. Jika masalah gigi seperti ini tidak ditangani dengan baik, maka dampak dari resiko terhadap kesehatan gigi dan mulut akan lebih tinggi.

Walaupun cara terbaik untuk menjaga agar gigi tetap sehat adalah untuk berhenti merokok, masih ada cara untuk mengurangi resiko terjadinya gangguan terhadap gigi, jika memilih untuk tetap merokok.

Langkah yang paling utama tentunya adalah untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi potensi masalah pada gigi dan gusi lebih lanjut. Selain pemeriksaan gigi yang rutin, dengan berkunjung ke dokter gigi, perawatan untuk membersihkan gigi secara professional pun dapat diberikan. Kunjungan ke dokter gigi pun harus lebih sering dibandingkan orang yang tidak merokok. Lakukan kunjungan ke dokter gigi setidaknya setiap tiga bulan sekali.

 Langkah berikutnya dalam cara menjaga kesehatan gigi adalah untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang sedikit lebih keras. Kandungan tar yang berasal dari tembakau dapat dengan mudah menempel dan mengendap di gigi. Bulu sikat gigi yang lebih keras akan bekerja lebih baik dalam membersihkan kumpulan tar yang menempel pada gigi.

 Memilih pasta gigi atau odol yang diformulasikan khusus untuk perokok juga bisa sangat membantu. Jenis pasta gigi tersebut memiliki kandungan bahan – bahan yang lebih kuat untuk membersihkan sisa asap rokok dan bakteri yang menempel. Selain itu, menghilangkan bau mulut tidak sedap pun jadi bisa terbantu.

Menggunakan obat kumur gigi setiap setelah menyikat gigi juga perupakan cara menjaga kesehatan gigi yang baik. Gunakan obat kumur agar dapat membersihkan gigi dan lidah secara menyeluruh. Pada umumnya, perokok juga cendrung memiliki masalah bau mulut, dan menggunakan obat kumur gigi adalah cara yang sangat efektif dalam mengatasi masalah ini.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi pun memiliki peran dalam kerusakan gigi bagi perokok. Karena, ada pula bahan makanan dan minuman yang justru mempercepat resiko yang didapat dari merokok sendiri.

Sehingga, sangat disarankan bagi perokok untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat menambah warna gigi menjadi lebih kuning. Kopi dan minuman bersoda adalah contoh minuman yang sangat berpengaruh terhadap menguningnya warna gigi.

Karena gigi sudah lebih rentan untuk menjadi berlubang karena aktif merokok, cara menjaga kesehatan gigi yang lain untuk perokok adalah dengan menghindari makanan yang mengandung asam tinggi. Sebab, makanan dengan kadar asam yang tinggi dapat mempermudah kerusakan gigi, dan akhirnya gigi akan lebih cepat berlubang.

Beberapa tips di atas bisa diikuti agar gigi tetap sehat dan terawat jika kamu termasuk perokok yang aktif. Sebagai tambahan cara menjaga kesehatan gigi untuk orang yang aktif merokok, jangan lupa pula untuk menkonsumsi air putih yang cukup ketika merokok, agar tar dan nikotin yang tertinggal di dalam mulut dan tubuh lebih mudah terbuang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *