Tips Ibu Hamil Agar Tidak Sering Merasa Pusing

info kehamilan awal kehamilan

ibudanbalita.com

Tips ibu hamil yang satu ini mungkin terdengar tidak penting karena pusing itu bukan hal yang berbahaya. Akan tetapi, ketika ibu mengetahui penjelasan selanjutnya, ibu akan tahu betapa berbahayanya jika saat hamil ibu sering merasa pusing.

Pusing itu tidak seperti keluhan kesehatan lainnya yang muncul gejala sebelum keluhan tersebut terjadi. Contohnya saja mual atau morning sickness. Sebelum makan di pagi hari, ibu bisa merasa mual baru ketika akan makan saja. Saat sakit perut, awalnya ibu merasa perih yang semakin lama sekali tak tertahankan.

Sementara itu, pusing itu seolah datang tanpa ada gejala. Munculnya juga pada waktu yang tidak diprediksi sebelumnya. Pusing bisa ibu rasakan di pagi, siang, atau malam hari. Dan yang dikhawatirkan adalah ibu merasakan pusing yang tak tertahankan ketika ibu sedang berjalan sendirian. Ibu bisa saja jatuh dan ini bisa berakibat kurang baik untuk perkembangan janin lantaran getaran yang terjadi akibat ibu terjatuh.

Inilah alasan paling utama mengapa ibu harus tahu tips kehamilan tentang mengatasi pusing. Selain itu, sangat penting juga bagi ibu untuk melakukan langkah antisipasi agar saat ibu merasa pusing, ibu tidak mudah terjatuh.

Perhatikan Lingkungan Di Rumah

Karena ibu menghabiskan banyak waktu di rumah, maka ibu harus pastikan kondisi lingkungan di rumah sangat aman. Ada baiknya ibu simpan dulu karpet yang ada di lantai. Hal ini dikhawatirkan karpet bisa membuat ibu tersandung.

Akan tetapi, untuk bagian ruangan tertentu, ibu bisa pasang keset, terutama di dapur dan di depan kamar mandi. Jika ibu memiliki kamar mandi dalam, alangkah baik jika ibu memasang keset di kamar mandi dalam agar lantai tidak licin.

Yang paling mengkhawatirkan adalah tangga. Jika rumah memiliki dua lantai, sebaiknya ibu berhati-hati ketika ibu naik atau turun tangga. Ibu sebaiknya tidak perlu sering naik atau turun tangga jika sendirian di dalam rumah.

Kantor Harus Aman

Kebanyakan kantor saat ini sangat memperhitungkan faktor keamanan untuk para pekerja, tak terkecuali jika ada dari mereka yang sedang hamil. Meskipun demikian, ibu harus menjaga diri sendiri.

Usahakan ibu menggunakan lift ke lantai atas atau bawah. Dan jangan lupa, ibu harus mengkonsumsi makanan yang bisa memberikan energi lebih banyak. Sebagai seorang pekerja, ibu harus memiliki tenaga ekstra. Stres dan kelelahan bisa membuat ibu mudah pusing.

Salah satu tips untuk ibu hamil yang paling ditekankan oleh para pemerhati kesehatan adalah pakaian. Lupakan untuk memakai pakaian yang seksi. Simpan dulu pakaian yang terlalu kecil. Ganti dengan baju kantor untuk ibu hamil yang longgar dan biasanya terbuat dari kain yang lembut dan tidak tebal.

Yang tak kalah penting adalah sepatu. Gunakan sapatu flat, bukan sepatu yang memiliki heel. Wanita yang tidak sedang hamil saja sangat berisiko jatuh ketika memakai heel. Apalagi ibu yang sedang hamil.

Terlepas dari hal tersebut, tentu ibu harus tahu kenapa seorang ibu hamil sering merasa pusing. Berikut ini penjelasannya.

  • Anemia

Wanita lebih sering mengalami anemia jika dibandingkan dengan pria. Hal ini tentu sangat masuk akal. Setiap bulan, wanita mengalami haid atau menstruasi di mana pada kondisi seperti itu banyak darah yang keluar dari tubuh wanita.

Namun, ada juga faktor penyebab lainnya yang kelihatannya tidak masuk akal namun menurut dr. Santoso hal tersebut sangat berpengaruh, yaitu budaya patriarki. Ini merupakan budaya di mana pria dianggap lebih kuat daripada wanita. Hal ini membuat wanita tidak mendapatkan prioritas dalam hal pemenuhan nutrisi. Ibu bisa lihat pria terkesan makan dengan porsi yang lebih banyak daripada wanita.

Bagaimana dengan seorang ibu hamil? Meskipun ibu tidak sedang haid karena hamil, bukan berarti ibu tidak mengalami anemia. Anemia saat hamil disebabkan oleh faktor lain. Kandungan zat besi yang ibu dapatkan dari makanan harus ibu bagi dengan bayi yang ibu kandung. Bagaimanapun juga, bayi yang sedang ada di dalam kandungan juga membutuhkan zat besi untuk pertumbuhan, bukan?

Itulah mengapa salah satu tips untuk wanita hamil adalah selalu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat besi. Tidak sulit mendapatkan kandungan nutrisi yang satu ini. Di Indonesia, banyak sekali jenis makanan yang kandungan zat besinya tinggi seperti daging merah, kuning telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, serta ikan.

Tidak lain hal tersebut diperlukan agar ibu tidak sering pusing selama masa kehamilan yang disebabkan oleh anemia. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian, ibu bisa mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama setiap hari.

  • Kehamilan Ektopik

Ibu tahu apa itu kehamilan ektopik? Ini merupakan kehamilan yang terjadi tidak di dalam rahim. Biasanya, jika seorang ibu mengalami kehamilan ini, maka treatment khusus dari dokter kandungan akan diberikan. Karena memang perlu menanganan khusus untuk menyelamatkan bayi dan juga ibu yang sedang mengandung.

Selama masa kehamilan, ibu tersebut akan sering mengalami pusing. Tidak itu saja. Ia juga akan merasa nyeri di salah satu bagian kepala.

Dari penjelasan tersebut di atas, ibu sekarang tahu pusing itu bukan hal yang boleh dianggap sepele. Pusing memang keluhan kehamilan yang normal. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat ibu membiarkan saja. Ibu harus tahu dan terapkan tips ibu hamil untuk mengatasi keluhan kesehatan ibu hami yang satu ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *