Tips Jaga Kesehatan Ibu Hamil

kesehatan ibu hamil

Source: Daily Mail

Menjaga kesehatan ibu hamil sebenarnya sangatlah mudah. Akan tetapi jika seorang ibu hamil kesulitan menjaga kesehatannya dan kehamilannya, maka yang ada justru akan menjadi masalah. Supaya kesehatannya tetap terjaga, ayah perlu terlibat di dalam proses ini.

Setiap kehamilan pasti mempunyai cara khusus dalam menjaga dan merawat kehamilan tersebut. ibu yang hamil biasanya akan mudah dengan kondisi di sekitarnya, baik dari pola makannya, kondisi didalam tubuhnya, pengaruh cuaca dan juga  virus penyakit. Akan tetapi  hal tersebut bukanlah tanpa solusi dan penanganan. Kehamilan harus dijaga sedini mungkin sejak usia kandungan masih 1 bulan. Akan tetapi tidak semua ibu hamil mengalami masalah terhadap kehamilannya, tidak sedikit ibu hamil yang tetap sehat  sampai masa kelahiran tiba.

Ada banyak cara untuk membuat kehamilan tetap sehat hingga masa kelahiran tiba. Upaya tersebut dilakukan agar si ibu beserta si jabang bayi selamat. Umumnya untuk menjaga kesehatan ibu hamil dilakukan agar memperkecil resiko keguguran, cacat lahir serta kematian. Dimulai dari menjaga kesehatan daerah wajah dan kepala, seperti rajin mencuci rambut, melakukan pijatan ringan serta menghidarkan diri dari sesuatu yang berbau kimia. Hal ini bertujuan agar si ibu terlihat lebih segar dan tidak terkontaminasi terhadap racun. Selain itu perlunya menghirup udara bersih, bertujuan agar kandungan oksigen dalam tubuh tetap terjaga sehingga membantu aliran pernafasan yang lancar.

Setelah itu si ibu perlu menjaga kesehatan mulut, tubuh dan payudara, tangan, daerah perut serta kebersihan daerah kewanitaan. Dan yang tak kalah penting adalah berolahraga ringan serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Adapun setiap ibu hamil tentu tidak lepas dari adanya gangguan kesehatan atau resiko lainnya. Untuk itu kesehatan ibu hamil secara maksimal bisa membantu meminimalisir adanya resiko berbahaya. Namun masa kehamilan terkadang mengalami masalah seperti pusing dan pening yang secara rutin denagn disertai rasa mual, adanya virus penyakit, kondisi janin yang tidak sehat, anemia, tekanan darah tinggi serta masalah psikologis pada ibu hamil. Tentunya hal tersebut menjadi perihal yang harus diatasi lebih lanjut.

Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan Ibu Hamil

Semangka merupakan buah yang sehat dan bergizi. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan energi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab selama proses kehamilan, dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A, vitamin C, magnesium dan kalium yang bisa didapatkan dari buah semangka. Disamping  itu, semangka juga mempunyai kandungan serat yang baik jika dikonsumsi selama hamil. Berikut ini beberapa manfaat dari buah semangka ;

 

– Membantu proses pencernaan pada wanita hamil

Untuk ibu hamil sering mengalami keluhan pada sistem pencernaan dan panas dalam. Kadar cairan yang ada pada buah semangka sangat membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut.

– Mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki

Sering kita mengetahui ibu hamil mengalami kaki bengkak. Kadar cairan yang tinggi pada semangka bisa membantu melancarkan pembuluh darah penyebab kaki dan tangan bengkak pada ibu hamil.

– Pada usia 1 hingga  4 bulan usia kandungan, ibu hamil sering mengalami mual

Hal ini bisa dialami oleh beberapa ibu hamil. Misalnya mual ketika pagi hari, perut merasa melilit dan sebagainya. Cara mengkonsumsi buah ini juga mudah, bisa dimakan segar atau diolah menjadi jus.

– Selain bermanfaat untuk ibu hamil tersebut, manfaat buah semangka untuk anak yang dikandung juga  dapat dirasakan. Kebutuhan nutrisi bagi janin atau anak yang dikandung semakin lengkap dengan nutrisi yang ada pada buah semangka.

Manfaat Dan Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Jika seorang ibu hamil rajin dan pintar dalam menjaga kesehatan, maka akan memperkecil datangnya hal-hal yang buruk. Adapun manfaat yang bisa dirasakan yaitu ibu hamil akan merasa rileks dan nyaman, kondisi janin sehat dan tetap terjaga dengan baik, mengurangi risiko keguguran dan kematian. Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan ibu hamil untuk para ibu. Menjaga kesehatan kehamilan tidak sulit untuk dilakukan oleh setiap Ibu hamil. Berikut ini 2 tips dalam menjaga agar tubuh Ibu hamil selalu sehat ;

  • Menu Makanan

Memperhatikan asupan makanan adalah tips  yang penting untuk Anda sebagai ibu hamil. Sebab seperti yang kita ketahui asupan makanan yang kita konsumsi yaitu salah satu hal yang akan menunjang kesehatan. Untuk Ibu hamil, Anda sangat disarankan agar mengkonsumsi makanan yang bergizi, sebab makanan bergizi yang mengandung nutrisi penting menjadi asupan makanan yang akan menyehatkan Ibu dan janin yang ada di dalam kandungan Anda. Anda sangat disarankan untuk  bisa  memenuhi nutrisi yang menjadi kebutuhan harian Anda dengan tentu saja mengkonsumsi makanan bergizi. Sayur, buah dan suplemen atau susu menjadi menu asupan yang penting untuk Anda konsumsi karena di dalamnya mempunyai  kandungan gizi yang penting untuk menunjang kesehatan Ibu hamil dan janin.

  • Beristirahat

Setiap orang dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk bisa beristirahat dengan cukup. Hal tersebut tentunya berlaku untuk Ibu hamil. Istirahat menjadi waktu dimana tubuh melakukan pengisian energi yang sudah menopang keseharian. Disamping  itu ketika beristirahat tubuh juga akan melakukan perbaikan disetiap sisi yang mungkin mengalami gangguan.  Untuk Ibu hamil istirahat merupakan cara menjaga kesehatan ibu hamil hal yang sangat penting supaya dapat  menghindari risiko yang berbahaya pada kehamilan dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Ayo para ayah dan calon ayah, mari terlibat dengan kehamilan istri anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *