Tips Memilih Obat Kumur Gigi yang Baik

Obat kumur gigi menjadi salah satu barang yang banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini. Hal itu karena obat kumur atau mouthwash ini memiliki beberapa manfaat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat saat ini.

Namun yang membuat sebagian masyarakat bingung memilih obat kumur gigi ini adalah karena semakin hari semakin banyak produk obat kumur yang berkeliaran di masyarakat. Tetapi bahayanya, produk-produk obat kumur tersebut memiliki komposisi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga membuat masyarakat menjadi bertanya-tanya sebenarnya bagaimana obat kumur gigi yang bagus untuk digunakannya.

Obat kumur gigi pada dasarnya merupakan cairan yang digunakan untuk membersihkan seluruh rongga mulut dan tidak hanya gigi. Namun dalam hal ini gigi merupakan tujuan utama untuk dibersihkan karena tempat yang sering menjadi tempat berkumpulnya kuman terdapat di area gigi dan gusi. Moushwash ini tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut, namun juga digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang terjadi di kebanyakan masyarakat.

Selain itu, masih banyak manfaat dari obat kumur gigi ini yaitu antara lain sebagai pencegah gigi berlubang, membersihkan sisa makanan, menghilangkan karang gigi atau plak pada gigi dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa bermanfaat bagi masyarakat yang menggunakan obat kumur ini.

Namun sekali lagi anda dalam memilih obat kumur gigi jangan sembarangan karena memang banyaknya obat kumur gigi yang illegal dan komposisinya tidak jelas di luaran sana. Untuk mengetahui apakah obat kumur tersebut baik untuk anda gunakan atau sebaiknya anda hindari, anda dapat menyimak dalam tips memilih obat kumur gigi yang bagus sebagai berikut.

  • Kandungan Astringents

Dalam memilih obat kumur yang baik, pastikan komposisi dari obat kumur tersebut memiliki kandungan Astringents karena kandungan ini memiliki fungsi agar mulut menjadi nyaman dan segar setelah menggunakan obat kumur tersebut. Kandungan ini dapat berupa cairan zinc chloride dan citric acid yang sangat penting ada di dalam obat kumur yang bagus.

  • Kandungan Fluroide

Pastikan obat kumur yang anda gunakan memiliki kandungan fluroide karena kandungan ini berfungsi sebagai penyembuhan terhadap kerusakan gigi dengan cara penambahan email pada gigi agar gigi anda tidak gampang rusak dan menjadi kuat.

  • Kandungan alkohol yang sedikit

Dalam memilih obat kumur pastikan kandungan alkohol yang terdapat dalam obat kumur tersebut dalam presentase yang sedikit. Hal itu karena jika presentase alkohol yang digunakan sangat tinggi maka mulut anda menjadi panas dan kering dan akan berakibat pada bau mulut dan akan sering keluarnya air liur. Tetapi meskipun demikian, anda juga jangan memilih obat kumur yang tidak memiliki kandungan alkohol sama sekali. Karena jika tidak memiliki alkohol maka dirasa tidak akan ada gunanya karena alkohol tersebut berfungsi sebagai pembersih mulut secara total.

  • Antiplaque

Dengan melihat nama ini pastinya anda sudah memahami bahwa antiplaque merupakan kandungan cairan yang berfungsi untuk melepaskan atau menghilangkan plak pada gigi yang sering terjadi di antara gigi dan gusi.

Itulah beberapa cara memilih obat kumur gigi yang baik bagi anda semuanya. Hal yang harus anda ingat bahwa sebelum menggunakan obat kumur atau moushwash, pastikan anda sudah sikat gigi terlebih dahulu karena memang kemampuan dari obat kumur hanya sebagai pembersih kuman yang ada di cela-cela gigi dan tidak bisa membersihkan bakteri yang menumpuk di permukaan gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

2 Comments

  1. Thanks infonya kak,

    • Ya sama-sama Mas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *