Tips Penggunaan Kalkulator Masa Subur

kalkulator masa subur wanita

tipscepathamilblog.com

Masa subur merupakan masa dalam periode wanita di mana sel telur sudah siap dan dengan mudah dibuahi oleh sperma. Pada masa ini sel telur telah siap dilepaskan dan bisa dibuahi yaitu dua sampai tiga hari sebelum ovulasi dan 12 -24 jam setelah ovulasi. Hal yang penting atau salah satu kunci supaya dapat  memperoleh kehamilan dengan cepat yaitu dengan melakukan hubungan atau bercinta saat masa subur. Oleh sebab itu penting untuk menghitung masa subur anda secara akurat dan tepat menggunakan kalkulator masa subur baik itu online maupun dengan cara perhitungan manual.

Untuk mengetahui masa subur lebih akurat, anda perlu mencatat dan merekam siklus periode menstruasi anda dalam beberapa bulan. Hal ini dibutuhkan karena dalam beberapa bulan panjang siklus anda akan sedikit berbeda dari bulan ke bulan.

Menghitung Masa Subur Dengan Kalkulator Masa Subur

Ada beberapa cara  untuk menganalisa masa subur wanita. Cara-cara ini adalah  ilmu hitung dengan rumus dan juga dengan cara mengetahui dari perubahan fisik. Untuk perhitungan yang akurat, maka sebaiknya anda menggunakan gabungan beberapa cara ini. Hal tersebut akan lebih memperkuat kapan masa subur anda dengan lebih tepat. Masa subur dapat dihitung dan diketahui dengan beberapa macam cara berikut ini;

– Kalkulator  Online Untuk Mengetahui Masa Subur

Perhitungannya atau cara mengetahui masa subur ada beberapa macam metode, tapi yang umum dan mudah untuk anda adalah dengan kalkulator kesuburan online. Kalkulator kesuburan ini adalah kalkulator yang dirancang dari perhitungan secara medis untuk memperoleh  masa kesuburan anda.

– Menghitung Masa Subur Dari Periode Haid

Setelah anda mencatat siklus anda, lalu  kurangi 18 hari dari panjang siklus terpendek anda. Maka anda akan memperoleh  perhitungan hari pertama kemungkinan anda dalam masa subur. Setelah itu, dari panjang siklus terpanjang anda dikurangi 11 hari. Maka sekarang anda memperoleh hari terakhir dari masa subur anda. Berikut  contoh perhitungan masa subur secara manual:

misalnya saja jika siklus terpendek menstruasi anda adalah 24 hari (24-18 = 6) dan siklus terpanjang anda 36 hari (36-11 = 25) maka masa subur anda dimulai berkisar pada hari ke-6 dari hari pertama haid sampai hari ke-25. Yang harus Anda ingat bahwa rentan ini adalah kemungkinan dimana akan terjadi ovulasi, sehingga tidak menunjukkan kapan waktu sebenarnya anda ovulasi atau melepaskan sel telur. Untuk lebih akurat anda harus memperhatikan beberapa cara dan faktor lainnya.

– Kesuburan Dari Suhu Basal Tubuh Atau Body Basal Temprature

Ketika terjadi ovulasi, suhu tubuh anda akan meningkat sampai periode datang bulan datang. Sesaat setelah suhu tubuh meningkat maka itu merupakan masa subur anda. Cara ini adalah paling akurat sebab langsung diketahui dari kondisi tubuh anda, bukan dari perhitungan. Akan tetapi cara ini memang sedikit sulit dilakukan. Anda perlu mengukur suhu basal, yaitu suhu tubuh anda ketika bangun tidur dan belum melakukan apapun. Ketika bangun tidur Anda bisa langsung mengukur suhu tubuh anda, namun pergi kekamar mandi atau minum maka pengukurannya jadi tidak akurat.

-Mengetahui Kesuburan Dari Lendir Serviks

Serviks atau leher rahim anda dapat  dijadikan tanda bahwa anda sedang dalam masa subur. Hormon yang mempengaruhi menstruasi anda juga berpengaruh terhadap lendir serviks, dimana ia akan mengalami perubahan warna, jumlah dan teksturnya supaya sel telur lebih mudah dibuahi oleh sperma. Lihat dan perhatikan perubahan pada tekturnya berubah lebih kental atau tidak, perubahan ini umumnya terjadi 3 sampai 4 hari. Dimana pada waktu tersebut kemungkinan anda dalam masa subur dan mudah untuk cepat hamil.

Perubahan ini sebaiknya juga dikombinasikan dengan suhu basal dan perhitungan kalkulator masa subur, sehingga anda akan memperoleh hasil yang maksimal. Bila dilihat dari tekstur maka jika anda renggangkan tidak akan mudah putus, itu artinya lendir lebih kental dan kenyal. Coba anda renggang dan tarik bila tidak putus pada renggangan sekitar dua cm maka kemungkinan besar anda sedang dalam masa subur. Keakuratan cara ini mencapai 70%.

– Tes Kesuburan

Tes kesuburan bisa  dilakukan dengan alat tes kesuburan menggunakan urin dan air liur, akan tetapi yang sudah banyak beredar adalah dengan urin.

Alat tes ini bekerja mendeteksi peningkatan luteinising hormone atau LH, meningkatnya hormon ini terjadi pada 1 sampai 2 hari sebelum terjadi ovulasi dimana inilah waktu masa subur anda. Cara ini mungkin yang paling akurat sebab dapat  menunjukkan masa subur anda dengan akurasi mencapai  95%. Anda perlu memperhatikan kapan waktu untuk mengukur atau menggunakan tes kesuburan ini.

Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Kalkulator Masa Subur

Waktu yang disarankan mengukur yaitu pada jam 11 pagi sampai jam 3 sore atau jam 5 sore sampai jam 10 malam. Hari yang tepat untuk mengukur yaitu pada hari masa subur sesuai perhitungan manual melalui periode haid. Misalnya saja masa subur anda adalah dimulai hari ke-6 ditambah 3 hari, maka anda boleh mengukur dengan tes kesuburan dimulai pada hari ke-9 dari pertama anda haid. Apabila tanda satu garis berarti anda tidak subur, jika dua garis berarti anda sedang subur.

Cara paling akurat menghitung dan mengetahui masa subur menggunakan kalkulator masa subur anda adalah dengan mengkombinasikan dan menerapkan semua metode tersebut. Metode-metode menghitung kesuburan tersebut sudah banyak digunakan dan terbukti dari segi klinis bisa membantu mempercepat kemungkinan terjadi kehamilan, meskipun demikian cara terbaik mempercepat hamil yaitu dengan tetap melakukan hubungan secara reguler.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *