Tips percaya diri saat menyanyi di panggung

Tips percaya diri

www.listerine.co.id

Tampil bernyanyi di depan banyak orang wajar saja membuat nyali menjadi ciut. Namun, tidak perlu panic, tetap ada tips percaya diri khusus kamu yang sering tidak yakin apakah benar suara kamu tidak akan menjadi bahan tertawan saja.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah buka mulutmu lebar lebar. Semakin lebar semakin baik, hanya dengan membuka mulut sedikit lebih lebar dari biasanya bisa membuat perbedaan pada keseluruhan suara kamu. Memang sih, dengan membuka mulut lebar, semua orang bisa saja melihat isi mulut kamu termasuk mencium baunya, tapi hal ini bisa diatasi dengan menggosok gigi, berkumur, atau perawatan gigi lain. Pastikan kondisi mulut kamu dalam keadaan baik. Tidak ada sariawan, gusi berdarah, gigi bengkak dan penyakit kesehatan lain yang membuat kamu tidak nyaman untuk membuka mulut.

Banyak penyanyi mempunya kebiasaan ‘sindrom males buka mulut’ dan inilah sebab utama suara penyanyi terdengar bergumam dan tidak jelas. Ibaratkan tubuh kamu adalah instrumen musik seperti saxophone atau terompet. Kedua intrumen ini memiliki ‘lubang’ cukup lebar nan bulat tempat bunyi dihasilkan. Sama halnya dengan kamu, mulut kamu adalah sumber keluarnya suara, jadi jangan di halangi.

Apa kamu merasa sudah membuka mulut cukup lebar ? jangan terlalu cepat percaya diri. Coba kamu pergi ke depan cermin ketika kamu merasa ingin menyanyikan lagu kesukaan kamu dan lihat betapa lebar mulut kamu terbuka. Sesuatu yang kamu rasa berlebihan dan lebay, sebetulnya tidak sejelek itu.

Sebelum kamu memamerkan suara kamu, ada baiknya kamu pemanasan terlebih dahulu. Jika kamu memang seorang penyanyi sebetulnya kamu tidak jauh berbeda dengan atlet. Hanya saja kamu menggunakan otot lebih sedikit, pada pembahasan ini, berarti otot di sekitar pita suara kamu.

Karena kamu dituntut mengolah banyak nafas dan membuka mulut lebar, kamu bisa menggunakan obat kumur sebelum pemanasan agar nafas lebih segar, mulut lebih rileks, sehingga kamu bisa mengolah suara dengan lebih baik. Kamu bisa merasa suara kamu lebih kuat , merdu dan lebih lepas saat menyanyi.

Kamu tidak pernah les nyanyi ? tidak penting. Perbedaan antara orang yang bersuara biasa saja dan luar biasa adalah tingkat kepercayaan diri si penyanyi itu sendiri. Arti dari menyanyi dengan percaya diri adalah kamu menyanyi lepas dan mengendalikan nada dengan dukungan olah nafas yang baik.

2 aksi langkah tersebut bisa membuat suara kamu terdengar berbeda di dunia , ditambah kamu bisa membuktikan pada penonton kamu bahwa kamu tidak buta nada dan kamu tidak takut bernyanyi di publik. Bernyanyilah seperti di rumah dan tidak ada orang yang mendengarkan. Biarkan diri kamu untuk bernyanyi dengan bebas, kamu akan terdengar lebih merdu dalam waktu singkat.

Setelah suara kamu ‘terpercaya’ kini saatnya kamu terlihat percaya diri. Hanya dengan terlihat percaya diri membuat penonton percaya kalau kamu terdengar lebih baik. Hal ini memang femonema psikologi yang cukup menarik namun nyata.

Pakar mengatakan tampil di panggung dengan penampilan meyakinkan ternyata mempengaruhi kualitas suara kamu dan juga cara termudah untuk meningkatkan kualitas bernyanyi kamu hanya dengan berperilaku percaya diri dan terlihat seperti seorang bintang di atas panggung.

Naiklah ke panggung, tersenyum, tunjukkan deretan gigi putih bersih kamu, dan mulailah bernyanyi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *