Tradisi Unik Perawatan Bayi Di Guatemala Yang Pasti Tidak Akan Ibu Lakukan

Perawatan Bayi

www.hugsbabycare.com

Ada cara perawatan bayi yang dilakukan oleh masyarakat Guatemala. Ibu pasti tidak percaya dan tidak akan melakukan cara tersebut karena memang caranya bertolak belakang dengan apa yang dilakukan oleh orang tua mulai dari dulu hingga sekarang. Selain itu, cara merawat bayi yang dilakukan oleh masyarakat di sana juga terkesan tidak sesuai dengan ilmu kesehatan. Bagaimanapun juga, mereka meyakini dan menerapkan cara tersebut hingga sekarang.

Bagi masyarakat Guatemala, bayi sebaiknya dimandikan dengan menggunakan air dingin, bukan air hangat. Mereka percaya bawasannya memandikan bayi khususnya bayi yang baru lahir dengan air dingin akan membuat bayi tersebut nyaman. Bayi akhirnya bisa tidur dengan nyenyak setelah selesai proses persalinan.

Apakah ibu melakukan cara merawat bayi seperti yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di negara yang berbatasan dengan Meksiko ini? Bisa dipastikan tidak. Orang tua manapun pasti tidak akan tega memandikan bayi dengan menggunakan air dingin. Bahkan, tidak jarang hingga balita, orang tua tetap memandikan sang buah hati dengan air hangat.

Tinjuan Ilmiah Mengenai Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

Rasa tidak tega sudah cukup untuk membuat ibu tidak perlu melakukan perawatan bayi seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Guatemala. Dan ini dikuatkan dengan adanya bukti ilmiah bawasannya memandikan bayi dengan air dingin sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan.

  1. Adi Suryanto sebagai dokter spesialis anak mengatakan memandikan bayi dengan air dingin akan membuat si kecil beresiko mengalami hipotermia. Kulit si kecil masih sangat tipis. Memandikan si kecil dengan air dingin akan membuat suhu tubuh bayi menurun sangat drastis. Bukan tidak mungkin hal ini akan membuat bayi mengalami hipotermia. Bayi yang mengalami hipotermia biasanya kesadarannya akan menurun. Lambat laun bayi akan pingsan. Hal terburuk adalah nafas berhenti dan bayi meninggal.

Ini yang sebenarnya dikhawatirkan oleh para ahli kesehatan bayi. Penjelasan dari dr. Adi Suryanto sudah sangat gamblang di mana cara merawat bayi yang tepat bukan memandikan si kecil menggunakan air dingin.

Kapan Bayi Boleh Mandi Menggunakan Air Dingin?

Tentu tidak selamanya ibu harus memandikan si kecil dengan air hangat. Lalu, kapan ibu bisa membiasakan si kecil mandi dengan air dingin? Jawabannya adalah ketika kulitnya sudah tidak terlalu tipis. Jika tubuhnya sudah bisa mengatur suhu di dalam tubuh ketika mandi dengan air dingin, maka pada saat itulah ibu boleh memandikan bayi dengan air dingin.

Setiap bayi tentu berbeda-beda. Namun, secara umum, bayi yang usianya sudah menginjak 11 atau 12 bulan, ia sudah bisa dimandikan dengan menggunakan air dingin.

Manfaat Memandikan Bayi Dengan Air Hangat

Sebenarnya, memandikan bayi dengan menggunakan air hangat tidak hanya penting agar si keci terhindar dari hipotermia yang bisa menyebabkan perkembangan tubuh bayi terganggu dan bahkan menyebabkan kematian. Ada alasan lain mengapa ibu sebaiknya tidak meniru apa yang dilakukan oleh masyarakat di Guatemala.

  • Merangsang Motorik Bayi

Salah satu manfaat memandikan bayi dengan air hangat adalah untuk merangsang motorik bayi. Ini juga yang dikatakan oleh dr. Adi Suryanto.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Orang dewasa pun merasakan manfaat ini. Mandi menggunakan air hangat akan membuat mereka nyaman. Bahkan, banyak orang dewasa yang merasa stres dengan tekanan pekejaan setiap hari akhirnya mandi air hangat.

Ternyata, ada hubungan antara rasa nyaman dengan sirkulasi darah yang lancar. Stres akan membuat orang dewasa tidak merasa nyaman. Dan ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar.

Agar bayi nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak, maka ibu harus pastikan sirkulasi darah lancar. Salah satunya dengan melakukan perawatan bayi berupa memandikan dengan air hangat.

  • Mengatasi Insomnia

Tidak jarang bayi yang tidak bisa tidur hingga rewel. Biasanya ia rewel hingga tengah malam sehingga ia tidak bisa tidur dengan nyenyak. Ini merupakan insomnia, masalah yang sering dialami oleh orang dewasa.

Untuk mengatasi insomnia, sebaiknya ibu memandikan bayi dengan air hangat sela beberapa jam sebelum ia tidur. Secara umum, bayi seharusnya tidur pada jam 6-7 tujuh malam. Jadi, di sore hari sekitar jam 5, ibu bisa mandikan bayi dengan air hangat.

Lakukan perawatan untuk bayi lainnya seperti mengoleskan minyak telon agar tubuhnya semakin hangat. Dengan demikian, ia akan merasa semakin nyaman dan semakin mudah untuk tidur. Ini langkah yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi insomnia pada bayi.

  • Mengatasi Beberapa Masalah Kesehatan

Tidak jarang bayi sudah mengalami masalah kesehatan. Contohnya saja iritasi, demam, dan lain sebagainya. Langkah pencegahan bisa ibu lakukan dengan cara memandikan bayi dengan air hangat.

Sebenarnya tidak hanya masyarakat Guatemala saja yang menerapkan cara merawat bayi yang ternyata menurut kaca mata ilmiah kurang tepat. Ada juga perawatan untuk bayi yang salah dilakukan oleh para orang tua di Indonesia. Contohnya saja dengan memberikan buah seperti pisang kepada bayi yang usianya di bawah 6 bulan. Membedong setelah bayi lahir juga sebenarnya bukan cara perawatan yang tepat.

Agar ibu tidak meniru cara-cara yang salah, ada baiknya ibu simak ulasan mengenai cara merawat bayi di forum online dan website yang menyediakan artikel tentang cara merawat sang buah hati yang sesuai dengan instruksi para ahli kesehatan bayi. Dengan demikian, cara yang ibu lakukan untuk merawat bayi benar-benar tidak membahayakan bagi sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *