Untuk Para Suami yang Istrinya Sedang Hamil

Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Seorang suami memang tidak bisa merasakan bagaimana tidak enaknya mual dan muntah setiap hari atau bagaimana beratnya perut yang semakin membesar. Akan tetapi, para suami harus tahu ada beban yang lebih berat daripada masalah tersebut.

Beban yang paling berat dirasakan oleh seorang ibu hamil adalah beban psikis. Dan di sinilah peran seorang suami di butuhkan. Suami harus berhasil meringangkan beban psikis yang dirasakan oleh istri yang sedang hamil. Dengan demikian, beban menjadi seorang ibu hamil akan terasa begitu ringan.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang suami?

Memberi Perhatian Lebih

Pada intinya, suami harus membuat istri tenang. Kebanyakan seorang wanita, terutama mereka yang baru pertama kali hamil merasakan kekhawatiran yang berlebihan tentang perkembangan bayi, proses persalinan, dan juga masa depan anak nanti.

Dan beban psikis itulah yang harus diredakan oleh seorang suami. Dengan cara apa? Dengan cara memberikan perhatian. Dengan cara inilah istri tidak selalu memikirkan hal buruk tentang bayi dan masa depan nanti.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh suami dalam rangka menunjukkan perhatian seperti memijat kaki istri, menemani istri bersantai di rumah, dan lain sebagainya.

Atau suami juga bisa mengajak istri babymoon, yaitu berwisata ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua.

Akan tetapi, jika ingin melakukan babymoon, sebaiknya ketahui dulu hal-hal yang penting untuk disiapkan sebelum babymoon. Ketahui informasi tersebut di www.ibudanbalita.com.

Mencarikan Informasi Tentang Kehamilan

Terkadang seorang istri tidak memiliki waktu untuk mencari informasi kesehatan, terutama ketika terjadi keluhan kesehatan saat hamil. Apalagi jika kondisi kesehatannya setiap hari semakin menurun.

Tentu saja keadaan ini membuat seorang ibu hamil merasa khawatir terhadap kesehatan bayi yang ia kandung.

Untuk itu, peran suami pada kondisi semacam ini sangat diperlukan. Suami bisa menjadi penghubung dengan dotker kandugan ketika berkonsultasi. Atau suami bisa mencarikan informasi seputar keluhan yang dialami oleh sang istri.

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan referensi seperti di website ibu dan balita. Tidak hanya informasi seputar kesehatan kehamilan, di sana juga terdapat forum di mana anggota forum bisa saling berbagi informasi kesehatan ibu hamil.

Jika kurang puas dengan informasi yang didapatkan, suami bisa juga berkonsultasi secara online dengan dokter kandungan di situs tersebut.

Suami Menghindarkan Istri Mengalami Baby Blues

Apa itu baby blues? Ini adalah sindrom yang dialami oleh seorang wanita paska melahirkan. Apakah hubungannya dengan masa ketika masih hamil? Ternyata ada.

Kebanyakan seorang wanita yang mengalami sindrom ini disebabkan ketidaksiapan mereka untuk melahirkan bayi. Kekhawatiran tersebut disebabkan banyak faktor.

Untuk itulah peran suami untuk membuat sang istri tenang diperlukan. Dengan demikian, seorang istri tidak lagi merasa khawatir. Ia bisa menata mental dan bisa bersiap untuk melahirkan bayi tanpa rasa khawatir sedikitpun. Dengan demikian, seorang istri tidak akan mengalami baby blues syndrome setelah melahirkan nanti.

Semua suami harus tahu informasi ini. Jadi, kehamilan sebenarnya tidak hanya menjadi beban bagi seorang istri. Beban tersebut harus dibagi dengan suami sehingga beban yang dirasakan oleh seorang istri tidak terlalu berat.

Lebih dari itu, jika seorang suami bisa menjalankan peran sesuai dengan penjelasan di atas, kesehatan seorang ibu hamil serta bayi di dalam kandungan pun akan semakin terjamin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *