Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Untuk Mencegah Penyakit Datang

menu makanan bayi 10 bulan

Source: Baby Couture

Vitamin daya tubuh anak memang sangat penting. Sebagai orang tua tentu kita menginginkan yang terbaik untuk anak, termasuk dengan memberikan vitamin anak untuk daya tahan tubuh agar mereka kebal terhadap penyakit. Tidak harus menggunakan suplemen, bahkan lebih baik menggunakan sumber vitamin dan zat gizi yang alami di sekitar kita. Kita sadari kenyataan bahwa sistem kekebalan tubuh balita akan terus berkembang, beradaptasi dan memperkuat diri sebagai respon terhadap faktor eksternal atau lingkungan.

Paparan terhadap kuman membantu sistem kekebalan tubuh belajar bagaimana mempertahankan diri dan membangun ketahanan terhadap infeksi. Makanan yang mereka makan akan membantu mendukung terbentuknya kekebalan alami tubuh, sehingga mereka dapat melawan penyakit secara efektif. Sebagai orang tua, kita dapat mendukung berkembangnya sistem kekebalan tubuh anak dengan cara menyediakan diet yang sehat dan seimbang. Ada berbagai macam makanan kaya nutrisi, serta sumber yang baik untuk daya tahan tubuh anak, salah satu contoh prebiotik.

Prebiotik akan membantu membangun kekebalan tubuh anak dan memberikan kontribusi terhadap kesehatan jangka panjang. Adapun vitamin anak dan zat lain yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh antara lain:  zat besi, zinc, vitamin D, vitamin C, Vitamin A, dan Echinacea. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan zat gizi untuk kekebalan anak ini, kami menganjurkan menggunakan sumber-sumber alami melalui makanan. Apabila tidak mungkin, maka harap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen vitamin apapun untuk Anak.

Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Usia 1 Tahun

Prebiotik merupakan zat yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam tubuh anak. Sejumkah bakteri baik yang menguntungkan diperlukan untuk mempertahankan tubuh terhadap bakteri jahat yang berpotensi berbahaya. Dengan demikian, makanan yang mengandung prebiotik dapat menunjang sistem kekebalan tubuh alami pada anak. Prebiotik  ditemukan secara alami dalam makanan berikut ini: Pisang ,Bawang ,Tomat ,Asparagus , dan Bawang putih. Makanan gandum utuh Beberapa susu pertumbuhan juga mengandung prebiotik dan dapat melengkapi diet seimbang.

Zat Besi Besi memainkan peran kunci dalam pembentukan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Besi juga mendukung perkembangan kognitif normal dan kecerdasan otak anak. Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hal iin terbukti, bahwa pada balita yang tidak mendapatkan cukup zat besi secara teratur dapat menderita penurunan fungsi kekebalan tubuh, sehingga mereka lebih mudah terserang penyakit infeksi. Anak Balita membutuhkan zat besi sekitar 5 kali lebih banyak dari dewasa di dalam makanannya.

Kebutuhan zat besi perhari pada anak 7 sampai 12 bulan yaitu sekitar 11 mg , 1 sampai 3 tahun sekitar 7 mg, 4 sampai 8 tahun sekitar 10 mg,  9 sampai 13 tahun sekitar 8 mg, 14 sampai 18 tahun sekitar 11 mg untuk anak laki-laki dan 15 mg untuk anak perempuan.

Anda bisa mencoba untuk memasukkan makanan sehat yang kaya zat besi dalam dalam makanannya untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak seperti daging terutama daging merah , Hati namun batasi asupan satu porsi per minggu untuk menghindari terlalu banyak vitamin A, Kacang polong, Kacang, Buah kering seperti aprikot kering , biji-bijian seperti beras merah susu pertumbuhan yang diperkaya sarapan sereal yang diperkaya tepung kacang kedelai sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan daun singkong.

Macam Macam Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak

Menjaga dayan tubuh anak, tidak hanya harus dilakukan pada masa pancaroba saja. Serangan kuman dan virus berbahaya akan selalu mengancam si kecil. Banyaknya merek vitamin imunitas di pasaran sering membuat konsumen bingung. Jangan sampai mempertaruhkan kesehatan si keci. Yang alami pasti jauh lebih baik. Berikut ini kami sampaikan beberapa macam vitamin yang dibutuhkan anak untuk menjaga daya tahannya;

– Bayam

Pastinya Bunda sudah tidak asing lagi dengan sayur yang satu ini. Selain harganya murah, bayam juga mudah didapatkan. Manfaatnya pun sudah tidak diragukan lagi bagi tubuh. Beta karoten serta bioflavonoid yang terkandung di dalam bayam, mampu melawan radikal bebas serta racun yang mengancam tiap saat. Khasiat bayam lainnya ialah mencegah perkembangan sel-sel kanker, mencegah sakit jantung, menambah memori otak penting bagi anak pada periode emas, mencegah katarak, menambah energi, serta menambah daya penglihatan. Jadi jangan lupa untuk menambahkan sayur bayam pada menu harian si kecil.

– Jamur

Sejauh ini, baru jamur tiram dan shitake yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk sering dikonsumsi. Jamur jenis ini diperkaya vitamin B2, B3, B12, kalsium dan mineral. Bunda pasti setuju bahwa semua zat tersebut merupakan penambah daya tahan tubuh. Jamur shitake dapat dimanfaatkan sebagai vitamin anak untuk daya tahan tubuh dari serangan virus HIV. Jika terinfeksi virus ini maka sistem kekebalan tubuh akan melemah. Meskipun dimasak dengan suhu tinggi, kandungan vitamin dalam jamur tidak mudah rusak. Jadi, Bunda dapat berkreasi sesuka hati.

– ASI dan Susu

Jangan remehkan ASI eksklusif, Anak yang diberikan ASI eksklusif memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat. Akan lebih maksimal jika Bunda memberikan ASI hingga usia 2 tahun.

– Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dikenal sebagai penjaga imun tubuh. Sebaiknya, sejak dini anak sudah diajarkan untuk menyukai buah-buahan yang kaya akan vitamin C ini. Asupan vitamin daya tahan tubuh anak yang berupa vitamin C alami seperti jeruk, lebih aman bagi buah hati Bunda. Selain itu, harga jeruk terjangkau dan mudah didapat. Selain jeruk, konsumsi juga buah stroberi dan kiwi.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *