Wah, Ternyata Baby Spa Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah

cara pijat bayi

www.ibudanbalita.com

Sudah banyak tahu apa saja manfaat baby spa. Ini sebagai cara yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah penyakit yang dialami oleh si kecil, terutama ketika bayi sedang demam, pilek, atau batuk. Selain itu, spa juga bagus untuk mengoptimalkan perkembangan fisik sang buah hati.

Sayangnya, tidak semua orang tua bisa mengajak si kecil ke tempat spa untuk bayi. Kebanyakan layanan seperti ini hanya ditemukan di daerah perkotaan besar saja. Hal ini disebabkan tidak banyaknya ahli di bidang yang satu ini. Selain itu, tidak banyak juga yang membuka jasa spa untuk bayi ini mengingat peralatan serta animo yang tidak begitu banyak.

Namun, hal tersebut tidak lantas membuat ibu tidak bisa memberikan spa di rumah sendiri. Ibu juga bisa melakukan spa sendiri di rumah lho. Hanya saja, ada beberapa alat medis seperti alat untuk uap yang tidak bisa ibu gunakan jika ibu tidak memiliki keahlian di bidang tersebut.

Lalu, spa baby seperti apa yang bisa ibu lakukan sendiri di rumah?

Memasang Aromaterapi

Ini sebagai ganti dari mesin penguap yang digunakan oleh therapist di tempat baby spa. Konsepnya sama, yaitu membuat ruangan atau kamar yang ibu gunakan penuh dengan aroma terapi.

Bagaimana cara membuatnya? Mudah sekali. Pertama-tama, siapkan satu baskom air mendidih. Lalu masukkan minyak telon atau bunga tertentu yang bisa menguap sehingga mengharumkan ruangan. Jika bayi mengalami pilek, sebaiknya gunakan minyak telon saja.

Yang perlu diperhatikan adalah suasana di dalam ruangan. Usahakan pencahayaannya redup serta tidak terlalu banyak angin dari luar yang masuk ke dalam.

Menyiapkan Kolam Renang Mini

Seperti halnya di tempat spa untuk bayi, pasti ada kolam renang mini. Kolam renang ini didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk dimasuki air hangat serta mudah untuk dikuras.

Namun, ibu tidak perlu membeli kolam renang seperti ini. Ambil saja bak mandi ukuran besar. Lalu, masukkan air hangat dan biarkan si kecil berenang di dalam bak mandi tersebut. Dalam hal ini, ibu harus waspada jangan sampai bayi tenggelam.

Usahkan bak mandi tersebut cukup dalam untuk ukuran tinggi si kecil. Ini dibutuhkan agar kaki si kecil tidak menapak pada permukaan. Ketika kaki melayang, maka kaki akan digerak-gerakkan. Inilah yang membuat perkembangan motorik serta pertumbuhan tulang lebih maksimal.

Proses berenang ini bisa dilakukan hingga 10 menit. Jangan terlalu lama karena bayi bisa kedinginan. Setelah selesai berenang, ibu bisa lanjutkan ke tahap spa bayi berikutnya.

Massage

Ini bagian yang benar-benar perlu ibu pelajari lebih detail. Massage atau memijat bayi butuh pengetahuan. Ibu tidak bisa asal memijat tubuh si kecil. Ibu harus ingat organ tubuh bayi seperti tulang belum begitu keras. Begitu juga dengan otot dan lain sebagainya. Maka dari itu, perhatikan cara memijat bayi berikut ini.

  • Siapkan minyak telon
  • Posisikan bayi telentang
  • Pijat bagi telapak kaki bayi dengan menggunakan jari jempol ibu
  • Pijatan ke atas menuju ke paha
  • Pijat bagian tangan, dada, dan punggung si kecil
  • Pijat juga bagian kepala dengan jari telunjuk

Pijatan ini bagian terpenting dari baby spa. Pasalnya, proses ini akan melenturkan otot yang tegang, khususnya bayi yang sudah mulai bergerak aktif, misalnya ketika mulai belajar merangkak, berdiri, atau berjalan.

Bermain

Ini juga  bagian dari baby spa. Setelah berenang dan melakukan pemijatan, langkah terakhir adalah bermain. Namun, ibu jangan lupa untuk memakaikan pakaian yang hangat. Ajaklah si kecil bermain karena ia pasti merasa lelah setelah proses baby spa sebelumnya, Bermain akan membuat si kecil merasa lebih lelah dan akhirnya mengantuk dan tertidur. Ini merupakan tanda bahwasannya ibu berhasil melakukan baby spa sendiri di rumah.

Tentu ibu tidak sabar ingin segera mempraktekkan bagaimana cara melakukan spa untuk bayi di rumah sendiri. Namun, bukan berarti ibu tidak membutuhkan therapist bayi profesional ya. Jasa baby spa dari therapist profesional tetap diperlukan terutama ketika terjadi hal-hal seperti berikut:

  1. Bayi demam dan pilek hingga berhari-hari

Memang ada obat yang diperuntukkan untuk bayi. Namun, akan sangat baik jika ibu meminimalisir penggunaan obat, apalagi obat kimia. Alternatifnya ya membawa ke therapist. Mereka tahu teknik baby spa seperti apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi demam dan pilek ini.

  1. Keseleo

Pernah bayi ibu menangis seolah tanpa sebab? Banyak bayi yang kehilangan nafsu makan dan sering menangis terutama di malam hari. Bukan tidak mungkin hal tersebut disebabkan oleh keseleo. Ini sangat mungkin terjadi ketika bayi sudah mulai bergerak, seperti berguling, merangkak, berdiri, dan berjalan. Saking senangnya ia bisa bergerak, ia tidak tahu jika ototnya belum begitu kuat. Akhirnya ia mengalami keseleo.

Untuk masalah seperti itu, ibu tidak boleh asal melakukan pijatan. Sebaiknya serahkan pada therapist yang biasanya memberikan layanan baby spa.

Jadi, ibu tidak perlu selalu mengeluarkan uang untuk membawa si kecil ke tempat baby spa. Ibu bisa melakukan spa sendiri di rumah. Dan hal tersebut bisa ibu lakukan setiap hari agar bayi rileks sehingga tidurnya lelap. Namun, untuk kondisi tertentu, ibu tetap memerlukan bantuan dari penyedia jasa baby spa profesional. Ibu bisa bertukar pengalaman menarik melakukan baby spa dengan ibu-ibu yang lain di forum ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *