Wow, Plak Gigi Hilang Secara Alami

Duh, masih muda tapi gigi udah mulai menguning dan berkarang. Siapa yang merasa percaya diri ketika lawan bicara kamu menemukan ada plak di gigi saat kamu sudah tersenyum ceria. Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi, ayo terlusuri terlebih dahulu bagaimana plak bisa terjadi.

Dilihat dari kondisinya, plak gigi dibagi menjadi dua, yakni plak gigi yang terlihat (visible) dan yang tidak terlihat (invisible). Biasanya kita bisa merasakan adanya plak ketika kita lupa menyikat gigi. Rasanya ada yang bersarang di pinggir gusi dan akan sedikit mengganjal.

Plak merupakan lapisan tipis di atas permukaan gigi yang bisa terbentuk karena perkembangan mikroorganisme. Bakteri-bakteri ini tertinggal setelah kita mengonsumsi makanan dan mungkin tidak membersihkannya dengan baik. Plak tidak bisa dibersihkan hanya dengan berkumur atau menyikat gigi. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, plak akan berubah menjadi karang dan menyebabkan gigi keropos hingga berlubang.

Nah, buat yang tak ingin kepercayaan dirinya makin merosot, ayo kita simak bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi secara alami.

  1. Sikat Gigi

Untuk mengurangi pembentukan plak, mulailah dengan rutinitas menyikat gigi 2x sehari dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus dan bulat. Perhatikan sela-sela gigi dan bagian paling dekat dengan gusi karena di tempat inilah biasanya plak mudah terbentuk.

  1. Benang Floss

Gunakan benang floss untuk membersihkan sela-sela gigi lebih maksimal. Potong benang sepanjang 2 inci dan lakukan gerakan dari luar ke dalam. Pastinya semua sisa makanan yang tertinggal bisa terangkat sebelum menjadi plak.

  1. Obat Kumur

Berkumur dengan obat khusus bisa dijadikan pilihan selanjutnya. Pastikan ada formula anti bakteri di dalam obat kumurmu, ya.

  1. Baking Soda

Jika sudah ada plak yang terbentuk, meski sedikit atau banyak, kamu bisa mulai mencoba menggunakan baking soda. Bahan memasak yang selalu bisa kita temukan di dapur ini sudah cukup dikenal ampuh dalam membersihkan plak. Caranya mudah sekali, yaitu dengan membubuhkan sedikit baking soda ke atas sikat gigi bersama sikat gigi. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Sumber Vitamin C

Stroberi adalah buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Gosokkan buah stroberi ke daerah gigi yang ingin dibersihkan lalu diamkan selama 5 menit. Sambil menunggu, buatlah campuran obat kumur yang terdiri dari air hangat dan sedikit baking soda. Vitamin C yang diendapkan pada lapisan plak bisa membuatnya lebih lunak sehingga mudah untuk dibersihkan. Sikatlah gigi terlebih dahulu sebelum berkumur menggunakan obat kumur tadi. Selain buah stoberi, kamu juga bisa memilih alternatif buah lain seperti lemon, tomat, papaya, jeruk atau jeruk nipis.

  1. Mengonsumsi Keju

Siapa sangka makanan yang satu ini juga bisa menjadi cara menghilangkan plak pada gigi. Keju mampu menetralkan kandungan asam pada plak gigi sehingga menghambat pembentukan plak. Buat pecinta keju sudah pasti akan mulai ngemil keju, nih.

  1. Makanan pedas

Buat pecinta makanan pedas, pasti sudah mempraktikkan langkah ini setiap hari. Makanan yang pedas membuat mulut kita menghasilkan lebih banyak air liur sehingga mampu membantu membersihkan mulut dan gigi secara alami.

Pastinya ketujuh cara di atas sangat mudah untuk dipraktikkan, bukan? Ayo tampil lebih percaya diri dan lebih sehat tanpa plak yang bersarang. Selamat mencoba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *