Wow, Ternyata Ini Manfaat Buah Untuk Bayi Di Bawah 1 Tahun

makanan sehat untuk balita

Source: Baby Center

Tidak hanya bubur lho bu yang bisa ibu jadikan menu MPASI. Sesekali ibu bisa membuatkan MPASI dari buah-buahan agar si kecil mendapatkan manfaat buah. Bahkan, akan lebih baik jika setiap hari ibu membuatkan menu MPASI tersebut.

Sayangnya, banyak orang tua yang merasa makanan yang terbuat dari buah itu tidak mengenyangkan. Mereka khawatir anak tidak kenyang. Imej ini memang sulit untuk dihilangkan. Sudah dari dulu, masyarakat kita sudah terpatri bahwasannya makan itu makan nasi, bukan makan dari bahan makanan yang lain termasuk buah. Padahal, pada kenyataannya, buah juga bisa mengenyangkan. Ada juga buah yang mengandung kalori. Jadi, buah juga bisa membuat orang bertenaga.

Kesalahpahaman ini memang sulit untuk diluruskan. Namun, setidaknya ibu sekarang tahu tidak masalah kok membuatkan menu MPASI dari buah. Selain banyak manfaat dari buah, buah juga tetap bisa membuat bayi merasa kenyang.

Manfaat MPASI Buah Untuk Bayi

Tentu saja bukan hanya untuk membuat bayi kenyang saja. Ibu juga harus pertimbangkan kandungan nutrisi yang akan didapatkan oleh si kecil. Yang pasti, banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tidak seperti nasi atau bubur yang terbuat dari beras yang hanya banyak mengandung karbohidrat saja.

  • Mencegah Sembelit

Apakah si kecil pernah mengalami sembeli? Atau jangan-jangan ia sering mengalami masalah tersebut?

Memang salah satu hal yang sering terjadi saat anak baru pertama kali mendapatkan menu MPASI adaalah sembelit. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan yang belum bisa secara sempurna mencerna makanan keras.

Akan tetapi, ada hal lain yang juga menjadi faktor pemicunya, yaitu kurangnya serat. Kandungan inilah yang dibutuhkan untuk menyehatkan saluran pencernaan. Maka dari itu, memberikan menu makanan yang terbuat dari buah itu sangat penting. Salah satu manfaat buah adalah mencegah sembelit. Buah bisa melakukan peran tersebut karena banyaknya kandungan serat di dalamnya.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan bayi itu bisa dilihat dari matanya lho bu. Jadi, bayi yang memiliki kondisi kesehatan yang sehat itu memiliki mata yang jernih. Mata tidak terlihat sayu.

Maka dari itu, menjaga kesehatan mata itu sangat penting karena ini menjadi salah satu faktor terjaganya kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, ini juga berkaitan dengan penglihatan. Agar anak memiliki pandangan yang tajam, maka ibu harus berikan menu MPASI yang terbuat dari buah.

Penglihatan ini juga berkaitan dengan kecerdasan. Karena bagaimanapun juga bayi itu belajar dari apa yang ia lihat, selain dari apa yang ia dengar. Maka dari itu, anak yang memiliki penglihatan yang bagus biasanya mudah sekali mempelajari hal yang baru. Mulai dari saat ia masih bayi, sebaiknya ibu menjaga kesehatan mata bayi dengan cara memberikan semua manfaat dari buah.

  • Meningkatkan Imun Bayi

Imunisasi memang cara yang paling tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, cara lain yang tak kalah penting adalah memberikan menu makanan berbahan utama buah. Ternyata, buah juga berperan dalam meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh.

Dan ada bedanya antara imunisasi dengan buah. Imunisasi hanya diberikan beberapa kali saja. Tidak mungkin ibu harus memberikan imunisasi terlalu sering. Itupun ada jadwal pemberian imunisasi lengkap dengan jenis imunisasinya. Sementara itu, memberikan buah bisa setiap hari. Itu artinya ibu terus menerus bisa menjaga agar anak tidak mudah sakit. Karena memberikan makanan buah bisa membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat.

Sudah tahu kan betapa banyaknya manfaat buah? Sekarang, buah apa yang akan ibu jadikan sebagai menu MPASI untuk si kecil?

Buah Yang Bagus Untuk MPASI Menurut Ahli Kesehatan

Tidak semua buah itu bagus untuk menu MPASI. Contohnya saja buah salak. Ini buah yang tidak lazim digunakan untuk membuat menu MPASI. Begitu juga dengan buah durian yang justru berisiko membuat anak mengalami kembung.

Lalu, buah apa yang bagus untuk bayi?

  • Buah Pisang

Siapa bilang buah tidak mengenyangkan? Jika ibu ingin tahu buah apa yang bisa membuat bayi kenyang, jawabannya adalah pisang. Bahkan, orang dewasa pun disarankan mengkonsumsi pisang ketika sedang lapar namun tidak ada makanan.

Selain mengenyangkan, buah pisang juga memberikan manfaat lain, yaitu memberikan asam folat untuk kecerdasan otak serta vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

Dan yang pasti, tidak sulit untuk membuat menu MPASI dari buah pisang. Ibu hanya perlu mengupas kulit pisang lalu menghaluskan dengan sendok. Ibu tidak perlu menghaluskannya dengan menggunakan blender.

  • Buah Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan kandungan berupa protein. Jika ibu merasa bayi ibu memiliki berat badan yang rendah, lebih seringlah ibu membuatkan menu MPASI yang terbuat dari buah alpukat.

Selain protein, kandungan nutrisi lainnya yang ada pada alpukat adalah vitamin C dan serat. Keduanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Blewah

Manfaat buah yang satu ini sudah dijelaskan oleh pakar kesehatan di www.ibudanbalita.com. Setidaknya, ada tiga manfaat dari buah blewah ini, yaitu meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Jadi, buah apa yang akan ibu pilih untuk menu MPASI esok hari? Ibu bisa langsung menghaluskan buah atau membuat menu MPASI yang salah satunya bahannya adalah buah. Yang pasti, jangan sampai si kecil tidak mendapatkan manfaat buah ya bu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *