Yakin Bisa Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Ramuan Tradisional?

konsultasi kesehatan anakObat tradisional untuk menurunkan demam pada anak itu banyak pilihannya. Dan jangan dikira semua obat tradisional itu pahit rasanya. Ada juga obat yang disukai oleh si kecil.

Hanya saja, banyak orang tua yang tidak yakin. Apalagi jika obat tersebut harus mereka ramu sendiri. Berbeda dengan obat yang sudah ada di apotek. Mereka tinggal memberikannya kepada si kecil. Sudah jelas berapa takarannya dan berapa kali harus diminum.

Namun, ibu harus tahu anak sebaiknya dijauhkan dari obat-obatan kimiawi. Jika mulai dari kecil sudah ibu berikan obat-obatan seperti itu, bakteri di dalam tubuh akan semakin kebal sehingga ketika dewasa nanti ia membutuhkan obat dengan dosis yang lebih kuat lagi.

Itulah alasan mengapa obat tradisional sebaiknya menjadi pilihan ketika anak demam. Yang menjadi masalah adalah bahwasannya ibu harus tahu bagaimana cara yang tepat memanfaatkan bahan alami untuk menurunkan demam anak.

Bahan Alami Penurun Panas Anak

Solusi yang tepat adalah menggunakan bahan yang mudah didapatkan dan juga mudah dibuat. Ada banyak sekali pilihannya. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika anak sedang demam.

Salah satunya adalah kelapa muda. Ini dikenal sebagai peluntur semua penyakit yang ada di dalam usus. Selain itu, air kelapa muda juga sering digunakan untuk mengatasi keracunan.

Namun, siapa sangka jika air kelapa muda juga bisa mengatasi demam yang dialami oleh anak kecil. Cukup dengan mengkonsumsi air kelapa muda, maka demam anak akan turun.

Di dalam air kelapa muda, terdapat kandungan yang disebut dengan kalium. Ini jenis mineral yang bekerja mengatasi demam. Saat anak demam, tubuhnya panas dan mengeluarkan cairan dalam jumlah yang banyak melalui keringat. Dan kalium ini akan menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh. Lambat laun, suhu tubuh akan netral.

Dan ini yang tidak banyak diketahui oleh para orang tua. Mereka tidak hanya fokus menurunkan panas ketika anak sedang demam. Dengan mengkompres, itu hanya menurunkan suhu saja, sementara cairan di dalam tubuh kurang. Anak menjadi lemas dan ia butuh waktu lama untuk recovery. Berbeda jika ibu memberikan cairan, terutama air kelapa muda. Tidak hanya suhu tubuh yang akan turun tapi kebutuhan cairan juga terpenuhi sehingga semua organ tubuh bisa bekerja maksimal lagi.

Jika ibu sulit mendapatkan air kelapa muda, ibu bisa gunakan bawang merah saja terlebih dahulu. Ambil bawang merah yang ada di dapur secukupnya. Kupas dan iris kecil-kecil atau parut bawang merah tersebut. Kemudian, oleskan pada perut serta ubun-ubun si kecil.

Ketika ibu menggunakan bawang merah ini, biarkan si kecil tidur. Dengan posisi seperti ini, ibu akan lebih mudah untuk mengoleskan irisan atau parutan bawang merah. Sambil ibu memijat kaki si kecil, ibu bisa menemani si kecil untuk tidur. Karena sebenarnya demam itu bisa dengan mudah disembuhkan dengan cara istirahat cukup.

Terkadang demam pada anak sangat tinggi. Jika diukur menggunakan thermometer, panas tubuhnya bisa mencapai 38 derajat Celsius. Pada kondisi seperti itu, biasanya hampir seluruh tubuhnya terasa sangat panas. Ibu bisa mencoba menurunkan panas dengan memanfaatkan putih telur. Ambil satu butir telur dan pisahkan antara putih dan kuning telur. Gunakan putih telurnya saja. Ambil kain dan celupkan ke dalam putih telur. Kemudian, letakkan kain ke bagian telapak kaki si kecil. Ini akan membuat suhu tubuhnya berangsur-angsur turun.

Ibu harus hati-hati jika panasnya mencapai 39 derajat. Ada beberapa kasus di mana suhu tubuhnya terlalu tinggi sehingga mengalami kejang-kejang. Jika hal ini terjadi, sebaiknya ibu segera bawa si kecil ke rumah sakit.

Anak Demam Saat Musim Kemarau

Musim hujan sudah selesai dan digantikan dengan musim kemarau. Namun, bukan berarti anak terbebas dari demam. Ibu harus tahu demam itu tidak hanya disebabkan karena cuaca dingin di musim hujan. Pada musim kemarau anak juga bisa mengalami demam.

Ada banyak hal yang bisa membuat anak demam. Dan dengan mengetahui faktor penyebabnya, ibu bisa melakukan pencegahan.

  • Minum Es

Senang sekali pastinya jika anak minum es, apalagi di siang hari yang terik. Akan tetapi, es inilah yang bisa menyebabkan anak mengalami demam. Hal ini disebabkan suhu pada tenggorokan masih stabil meskipun tubuh membutuhkan cairan yang dingin. Dan saat cairan dingin tersebut masuk ke dalam tubuh, maka tenggorokan yang mengalami masalah. Awalnya anak akan batuk dan akhirnya demam.

  • Berkeringat

Sulit sekali untuk mengendalikan anak, apalagi jika anak ibu sudah berusia 4 tahun atau lebih. Ia senang sekali bermain di luar rumah bersama dengan teman-teman. Dan pada saat itulah ia akan berkeringat dalam jumlah yang banyak. Kulit menjadi lembab dan terpapar sinar matahari. Akhirnya ia akan mudah sekali mengalami demam.

Sebenarnya, cara yang terbaik untuk mencegah demam adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil. Ini bisa dengan mudah ibu lakukan dengan cara memberikan makanan yang bergizi serta memberikan susu balita terbaik, Friso Gold 3. Setidaknya dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh memiliki proteksi tersendiri dari serangan bakteri atau virus yang menyebabkan sakit. Dan kalaupun anak ibu mengalami demam, ia mudah sekali untuk sembuh. Ibu tidak lagi menganggap demam pada anak menjadi permasalahan yang serius.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *