Yuk Belajar Manajemen Stres Pada Ibu Hamil

Stres Pada Ibu Hamil

www.cbsnews.com

Stres pada ibu hamil menjadi hal yang paling sering dialami. Boleh dikatakan ini menjadi keluhan yang paling banyak dilakukan oleh seorang ibu hamil. Ia berubah menjadi pemarah, kurang produktif dalam bekerja, dan cenderung tidak merasa bahagia. Padahal, seharusnya kehamilan tidak menjadikannya kurang produktif, kurang semangat, apalagi tidak bahagia.

Itulah mengapa penting sekali mengetahui bagaimana cara menerapkan manajemen stres. Jika ibu sekarang sedang hamil dan merasa sering khawatir hingga berujung pada stres, sebaiknya ibu ikuti ulasan tentang mengatasi stres pada ibu hamil berikut ini.

Stres Saat Hamil Bisa Menyebabkan Kematian Pada Bayi

Mungkin ini peringatan paling keras yang seharusnya ibu ketahui. Bukan berniat untuk menakut-nakuti tapi lebih menekan pada semua ibu hamil agar tidak menganggap sepele masalah stres ini.

Kematian pada janin atau keguguran disebabkan perkembangan yang justru memburuk. Berat badan janin menurun sehingga perkembangan organ tubuhnya semakin kurang bagus. Akibatnya, bayi mengalami keguguran.

Dan akar dari masalah keguguran ini bermacam-macam. Ada yang disebabkan kurangnya nutrisi yang didapatkan oleh janin, terganggunya distribusi nutrisi ke rahim, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana dengan stres yang dialami ibu hamil? Mana kaitan antara keguguran dengan stres?

Menurut ahli kesehatan kandungan, ibu hami yang mengalami stres ternyata mempengaruhi denyut jantung serta frekuensi gerak bayi di dalam kandungan. Selain itu, stres juga memicu janin mengeluarkan meconium. Ini adalah kotoran yang bisa memperkeruh air ketuban. Jika ini terjadi, maka bayi di dalam rahim bisa mengalami kesulitan pernafasan. Hal buruk seperti keguguran bisa saja terjadi jika masalah ini tidak segera ditangani dengan baik.

Jadi, jelas kan ada hubungan antara stres ibu hamil dengan keguguran?

Belajar Manajemen Stres Ibu Hamil

Setelah ibu mengetahui fakta ilmiah di atas, diharapkan ibu semakin sungguh-sungguh untuk bisa mengatasi stres ketika hamil. Dengan menerapkan manajemen stres berikut ini, ibu akan terhindar dari stres dan bayi di dalam kandungan berkembang dengan sangat baik.

  • Melakukan Identifikasi

Langkah paling awal yang harus ibu lakukan adalah melakukan identifikasi terhadap hal-hal yang membuat ibu stres. Ini tidak mudah karena mungkin akan banyak sekali hal-hal yang masuk ke dalam catatan penyebab stres. Namun, akan lebih baik jika ibu mengindentifikasi hal yang paling berpengaruh besar menyebabkan ibu mengalami stres.

  • Jangan Menunda Pekerjaan

Sejak awal kehamilan, sebaiknya ibu tidak menunda-nunda pekerjaan. Apalagi jika ibu seorang wanita karir, buatlah jadwal yang pasti apa pekerjaan harian, mungguan, serta bulanan yang harus ibu lakukan. Dan ibu harus lakukan tepat waktu.

Semakin sering ibu menunda pekerjaan, maka akan semakin tinggi resiko ibu mengalami stres. Ada baiknya juga ibu membuat jadwal kegiatan harian. Membuat to do list akan membuat ibu mampu dengan mudah mengontrol kegiatan dan pekerjaan setiap hari.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk wanita karir saja. Ibu rumah tangga yang sedang hamil pun sebaiknya tidak boleh menunda pekerjaan rumah. Apalagi pekerjaan rumah tangga biasanya lebih, melelahkan, dan terkadang membuat bosan. Menunda pekerjaan rumah akan beresiko sekali menjadikan ibu stres.

  • Bergerak

Sayang sekali jika ibu lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi. Beberapa pekerjaan untuk wanita memang mengharuskan mereka berlama-lama duduk di kursi seperti seorang sekretaris, karyawan bagian administrasi, resepsionis, dan lain sebagainya.

Sering berdiam diri seperti duduk akan membuat ibu cepat stres. Lain dengan orang yang terus bergerak.

Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak bisa terhindar dari stres saat hamil ketika pekerjaan menuntut ibu harus banyak duduk. Ibu bisa membuat jadwal untuk jalan pagi setiap weekend. Atau, ibu pastikan ketika sedang di kantor, ada waktu di mana ibu bergerak. Setidaknya, ibu beranjak dari tempat duduk seperti untuk mengambil air putih di dapur kantor, mengkopi file sendiri, dan lain sebagainya. Dengan bergerak, ibu akan terhindar dari stres.

  • Luangkan Waktu Untuk Bersosialisasi Dengan Banyak Orang

Tidak mudah pada saat ini untuk bersosialisasi dengan orang lain. Kalaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung, ibu bisa chatting atau video call dengan saudara atau teman. Cara ini sangat tepat untuk ibu lakukan agar rileks, melupakan rutinitas yang membosankan dan sering membuat ibu stres.

Akan lebih baik jika ibu berinteraksi juga dengan orang baru. Ibu bisa bergabung dengan forum ibu hamil. Di sana, ibu tidak hanya bisa bersosialisasi dengan orang baru tapi juga sekaligus menambah pengetahuan mengenai kesehatan ibu hamil. Pasalnya, di forum tersebut, banyak sekali topik kehamilan yang dibahas oleh anggota forum.

  • Me Time

Me time adalah untuk menggambarkan kondisi ibu memanjakan diri sendiri. Ini tidak harus dilakukan dengan cara pergi ke tempat rekreasi. Cukup di rumah saja juga bisa. Ajak suami untuk menonton film yang ibu sukai. Habiskan waktu weekend bersama suami di rumah tanpa melakukan hal apapun. Ini adalah cara melepas lelah yang sangat mudah dilakukan sekaligus menghindari dari stres.

Sekarang ibu sudah mengerti mulai dari pengaruh stres pada ibu hamil hingga bagaimana cara menghindari stres. Yang pasti, masalah yang terlihat sepele ini bisa berakibat buruk tehradap kesehatan janin. Jika ibu ingin sekali memiliki bayi yang sehat, maka sebaiknya ibu terapkan tips mengatasi stres pada ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *