Yuk Bunda Ketahui Tips-Tips Memilih Susu Untuk Anak 1 Tahun!

probiotik dan prebiotik

friso.co.id

Susu untuk anak 1 tahun sebenarnya memang lebih baik masih dari Air Susu Ibu (ASI). Namun, bagi ibu yang tidak memungkinkan untuk memberikan ASI karena beragam faktor, susu formula akhirnya menjadi solusi untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Banyak ungkapan para ibu yang mengatakan bahwa mencari susu yang cocok untuk anak ibarat mencari jodoh. Tapi jangan pesimis, cara tepat memilihnya adalah bandingkan susu dengan melihat informasi pada kemasannya. Ingatlah bahwa yang menentukan kualitas adalah kandungan nutrisi serta proses pembuatan susu anak 1 tahun.

Susu Untuk Anak 1 Tahun Yang Baik Bagi Pencernaan Si Kecil

Salah satu pertimbangan dalam memilih susu untuk balita ialah jenis susu serta kandungannya. Berikut beberapa macam susu yang bisa Anda berikan kepada si kecil;

-Susu formula yang berasal dari susu sapi

Protein dalam susu sapi relatif lebih mudah dicerna untuk anak 1 tahun. Selain itu, susu jenis ini memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yang seimbang. Namun, perlu diingat bahwa anak di bawah 1 tahun belum bisa mencerna susu sapi biasa. Jadi  jika Anda memerlukan susu untuk anak di bawah 1 tahun, Anda harus memastikan susu tersebut sudah dimodifikasi agar lebih sesuai untuk kebutuhan si kecil. Caranya, lihat perbandingan casein dan whey dalam komposisinya.

Susu diuraikan dalam dua jenis protein, yaitu casein yang berbentuk gumpalan dan whey yang lebih mudah cair. Untuk anak hingga usia 1 tahun, sebaiknya komposisi whey lebih banyak dari casein, perbandingannya adalah 60 banding 40. Semakin banyak jumlah casein, maka untuk mencernanya membutuhkan waktu yang semakin lama, moms.

-Susu formula bebas laktosa

Ada saatnya sang buah hati alergi, intoleran atau tidak mampu memcerna gula dalam susu formula yang disebut laktosa. Biasanya dokter akan merekomendasikan susu formula yang bebas laktosa, yang mana laktosa diganti dengan gula jenisa lain misalnya sirup jagung.

-Susu formula yang berasal dari kedelai

Banyak perdebatan seputar susu formula berbahan dasar kedelai untuk anak. Pada beberapa kasus, anak yang alergi terhadap susu sapi dapat mencerna susu kedelai. Namun ternyata susu kedelai belum tentu cocok untuk anak. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum moms memberikan susu jenis ini kepada buah hati.

 

Saran Susu Untuk Anak 1 Tahun

Setelah masa menyusui usai, Ibu sering bingung mana susu lanjutan setelah ASI yang terbaik untuk anak Anda. Tentunya eksplorasi satu persatu di internet memerlukan waktu lama. Apalagi jika tanya SPG susu di supermarket, tentunya tidak objektif karena dia pasti ingin promosikan merek susunya. Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan. Oleh karena itu, setiap orang tua pasti ingin memberikan nutrisi yang paling baik dan seimbang untuk buah hatinya. Semakin lengkap nutrisi yang didapatkan anak maka pertumbuhan dan kesehatannya akan terjamin.

Susu pertumbuhan Friso Gold adalah salah satu susu pertumbuhan yang memiliki desain kemasan yang menarik. Di dalam segel penutup kaleng terdapat sedikit ruang yang memang sudah dipersiapkan untuk tempat sendok takar susu. Sehingga sendok takar susunya pun akan selalu bersih, dan kita juga bisa menjaga kehigienisan susu karena kita tidak perlu lagi menyentuh susu bubuknya saat ingin mengambil sendok takar. Friso Gold berisi prebiotik (FOS), probiotik (L. reuteri), nucleotida, selenium and vitamin A, vitamin C. Susu Friso Gold juga mengandung DHA, AA dan SA untuk mendukung perkembangan fisik buah hati Bunda.

Selain itu ada juga ALA/LA yang merupakan asam lemak penting bagi perkembangan sel-sel tubuh. Darimana para ibu bisa memenuhi kebutuhan anak akan nutrisi? Seperti slogan yang sering muncul, makan 4 sehat 5 sempurna. Makan 4 sehat yang dimaksud adalah suatu porsi makanan yang berisi karbohidrat, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. Jika ditambah dengan mengkonsumsi susu, maka akan menjadi 5 sempurna.

Susu adalah pelengkap nutrisi bagi tubuh, karena kandungan zat yang ada pada susu belum tentu ada di makanan lain. Seperti asam linoleat dan asam linolenat yang berperan penting untuk nutrisi otak, kulit dan pertumbuhan rambut, kepadatan tulang, produksi energi dan kesehatan reproduksi. Dan juga susu sangat penting dalam membantu tumbuh kembang anak, misalnya saja ;

– Memperkuat tulang, kalsium yang terkandung dalam susu memiliki peran yang penting dalam menjaga kualitas tulang anak.

– Mengurangi risiko osteoporosis saat usia lanjut, menurut salah satu peneliti di bidang pediatri di Amerika, osteoporosis berkaitan dengan kurangnya asupan kalsium dan merupakan pediatric disease with geriatric consequences, penyakit balita yang konsekuensinya diderita pada usia tua.

– Membantu proses pertumbuhan, nutrisi dan faktor bioaktif dalam susu dapat meningkatkan kadar hormon somatotropik salah satu hormon pertumbuhan pada masa pra pubertas.

– Membantu meningkatkan kecerdasan anak, minum susu dapat meningkatkan memori jangka pendek pada anak secara signifikan.

– Sumber utama vitamin D, vitamin D tidak hanya penting untuk penyerapan kalsium, tetapi juga memperbaiki sistem kekebalan, mengurangi risiko beberapa penyakit kanker, diabetes, dan multiple sclerosis, dan menjamin tekanan darah yang lebih baik.

– Membantu membentuk dan menguatkan otot, secangkir susu mengandung 16 persen asupan harian untuk protein, yang berfungsi membangun dan memperbaiki jaringan otot. Susu untuk anak 1 tahun sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya. Jadi Bunda harus perhatikan hal tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *