3 Hal Perlu Dilakukan Agar Luka Cepat Sembuh

Banyak orang yang sangka tentang bagaimana agar luka cepat sembuh. Misalnya saja mereka menggunakan alkohol pada luka. Jelas ini cara yang kurang tepat. Bahkan, mengoleskan alkohol pada bagian tubuh yang terluka justru bisa menyebabkan luka semakin parah.

Hal semacam itu memang sudah wajar terjadi. Banyak orang yang menerapkan cara tersebut. Namun, hal yang salah tidak boleh selamanya dilakukan. Hentikan sekarang. Setidaknya Anda yang memulainya.

Akan tetapi, ada potensi buruk, yaitu jaringan kulit yang masih sehat mati sehingga kesembuhan luka bisa semakin lama.

Luka Gores Bisa Sangat Perih

Anda pasti tahu tergores itu bukan hal yang berbahaya. Bahkan, terkadang goresan tidak menimbulkan darah mengalir. Namun, apakah Anda tahu mengapa kulit yang tergores itu begitu perih?

Jawabannya adalah saraf. Permukaan kulit memiliki serabut saraf. Jika bagian terluar kulit tergores, maka rasa perih itu sangat terasa. Apalagi jika terjadi peradangan pada sekitar bagian yang terluka. Perihnya sungguh luar biasa.

Itulah mengapa penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara agar luka cepat sembuh, terutama luka goresan. Kulit yang tergores bisa disebabkan banyak hal. Bahkan, penyebabnya adalah hal yang sepele. Contohnya Anda memakai celana yang begitu ketat. Bahannya terus menerus menggesek kulit sehingga terjadi goresan.

Atau bisa juga goresan pada kulit disebabkan gigitan serangga. Karena Anda merasa gatal, bagian tubuh yang digigit tersebut Anda garuk sehingga terluka. Apapun itu, Anda tidak boleh menyepelekan goresan pada tubuh Anda. Goresan bisa menjadi tempat di mana bakteri menempel dan menginfeksi. Ini bisa berujung pada masalah kulit yang lebih serius.

3 Langkah Penting Agar Luka Cepat Sembuh

Yang paling dikhawatirkan adalah infeksi. Apapun luka yang Anda alami, sekalipun itu berupa goresan kecil, luka tetaplah luka. Luka membuat kulit terbuka sehingga mudah bagi bakteri untuk menginfeksi. Hingga akibatnya luka kecil menjadi begitu parah.

Untuk itu, ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan agar luka cepat sembuh. Apa saja itu?

  1. Bersihkan Luka

Hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah membersihkan luka. Gunakan apa saja. Yang pasti, luka benar-benar bersih.

Anda bisa gunakan tisu atau kapas. Tempelkan pada luka hingga darah benar-benar berhenti mengalir. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda bersihkan luka dengan menggunakan air yang bersih. Alirkan air pada luka agar kotoran kecil yang menempel pada luka bisa terlepas.

  1. Gunakan Antiseptik

Setelah membersihkan bagian yang luka, gunakan antiseptik. Gunanya agar tidak terjadi infeksi pada luka. Anda bisa menyemprotkan produk Hansaplast Spray Anseptik. Ini spray yang bisa dengan mudah Anda gunakan. Tinggal semprotkan saja pada bagian yang terluka.

Hansaplast Spray Antiseptik ini mengandung bahan utama berupa Polyhexamethylene Biguanide atau yang sering disingkat dengan PHMB. Ini merupakan antiseptik yang standar digunakan oleh para tenaga medis untuk mencegah infeksi pada bagian tubuh setelah dioperasi, luka, dan lain sebagainya.

Produk ini tidak perih ketika digunakan. Makanya, ini produk yang tepat untuk Anda gunakan ketika anak terluka karena terjatuh saat bermain. Anak tidak akan trauma. Dan yang pasti, Hansaplast Spray Antiseptik ini bisa membuat luka lebih cepat sembuh.

  1. Lindungi Luka

Setelah menyemprotkan Hansaplast Spray Antiseptik, tutup luka dengan plester. Ada banyak sekali varian plester luka Hansaplast. Ada yang transparan, Hansaplast Aqua Protect, dan lain sebagainya. Untuk anak-anak, Anda bisa gunakan plester luka Hansaplast dengan motif kartun, mulai dari karakter super hero Marvel, Frozen, Princess, dan juga Mickey Mouse.

Plester akan melindungi luka dari kotoran dan juga bakteri. Dengan cara ini, luka yang terbuka akan lebih cepat sembuh. Jaringan kulit yang baru akan segera melakukan tugasnya untuk menutup luka tersebut.

Nah, Anda sekarang sudah tahu bagaimana cara agar luka cepat sembuh. Yang pasti, jangan panik jika Anda atau anak Anda terluka. Lakukan tips tersebut di atas agar luka tidak terinfeksi dan luka bisa sembuh lebih cepat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *